Mampu Memperingan Biaya , Begini Cara Mendapatkan Kip Bagi Para Mahasiswa Yang Baru Masuk Perguruan Tinggi – Nakita

Cara menerima KIP bagi mahasiswa yg baru masuk perguruan tinggi

Nakita.id – Berikut cara mendapatkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) bagi para mahasiswa yang baru masuk perguruan tinggi.

Dengan berhasil masuk perguruan tinggi negeri, seseorang tentu saja bisa menerangkan kemampuannya.

Karena untuk masuk ke perguruan tinggi tidak mudah, dan wajibmemenuhi syarat eksklusif.

Banyak anak yang gagal masuk perguruan tinggi negeri lantaran tidak memenuhi syarat dan juga tidak lulus saat ditest.

Selain mampu memperlihatkan kemampuan, masuk perguruan tinggi jua sanggup memperingan porto.

Tak hanya itu, anak-anak yang masuk perguruan tinggi jua berpotensi mendapatkan berbagai program donasi menurut pemerintah.

Salah satu donasi yang sanggup didapatkan mahasiswa merupakan KIP.

KIP merupakan acara menurut pemerintah yang bertujuan buat menaikkan akses wargakurang sanggup terhadap pendidikan tinggi secara merata & berkeadilan.

Perubahan Mekanisme pada Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek RI) pula membicarakan bahwa terdapat perubahan prosedur pada penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2022.

Dalam penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2022, satuan pendidikan dan murid harus melakukan registrasi akun pada halaman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

Berbeda dengan tahun 2021, kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan anak didik dalam tahun 2022 tidak bersamaan agar bisa memberi kesempatan sekolah buat mendaftar & mengisi Pangkalan Data Sekolah & Siswa (PDSS). 

Mochamad Ashari selaku Ketua LTMPT menyampaikan, pihaknya semenjak 1 Desember 2021 kemudian, telah menyosialisasikan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di 75 PTN (Perguruan Tinggi Negeri), Akademik jenjang Sarjana & D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) & 39 Perguruan Tinggi Negeri Vokasi (Politeknik Negeri) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).  

“Registrasi Akun LTMPT bagi sekolah dimulai dalam 4 Januari 2022, sedangkan Registrasi Akun LTMPT bagi murid dimulai dalam 10 Januari 2022,” ujarnya.

“Batas akhir pendaftaranakun bagi sekolah dan murid adalah sama, yaitu 15 Februari 2022.

Dilanjutkan menggunakan penetapan siswa yg memenuhi kondisi (eligible) oleh sekolah mulai 4 Januari – 8 Februari 2022,” jelasnya melansir berdasarkan siaran pers Kemendikbudristek yg diterima oleh Nakita, Rabu (5/1/2022).

Sementara itu, pengisian PDSS dimulai 8 Januari – 8 Februari 2022.

Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14 – 28 Februari 2022.

Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan dalam 29 Maret 2022 mendatang.

Adapun UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan personal komputer& biayaditanggung sang peserta dan disubsidi sang pemerintah. 

“Beragam bentuk tes masuk perguruan tinggi negeri yg nantinya akan dilaksanakan secara luring masih ada beberapa hal yg harus diperhatikan sang sebagian pihak yg terlibat dalam proses masuk perguruan tinggi, mulai berdasarkan wali murid baik pengajar atau orang tua sampai siswa itu sendiri agar sanggup menyiapkan pilihan yang sinkron dengan minat. Supaya aktivitas perkuliahan pada ke depannya mampu berjalan dengan baik & sesuai menggunakan tujuan awal,” ujar  Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Ristek, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam. 

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik & prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biayasubsidi penuh pemerintah.

Sedangkan, SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN menurut output Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau output UTBK & kriteria lain yg ditetapkan bersama oleh PTN. 

Tahapan mengikuti SBMPTN tahun 2022 diawali menggunakan registrasi akun LTMPT dalam 14 Februari – 17 Maret 2022.

Secara khusus, prosedur & pengenalan UTBK-SBMPTN akan dilakukan sampai dengan 15 April 2022.

Pendaftaran UTBK- SBMPTN pada 23 Maret – 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan dalam 2 gelombang di 74 Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri. Gelombang 1 pada 17 – 23 Mei 2022, & Gelombang 2 dalam 28 Mei – 3 Juni 2022.

Pada tahun 2022, aplikasi UTBK-SBMPTN dilakukan tidak dalam bulan puasa. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN dijadwalkan dalam 23 Juni 2022. Masa unduh sertifikat UTBK pada 25 Juni –  31 Juli 2022. 

Pemerintah pula akan menaruh bantuan pendidikan pada para murid kurang bisa yang berhasil masuk ke PTN.

Bantuan pendidikan tadi adalah berupa KIP.

Mahasiswa wajibmengajukan donasi porto pendidikan skema KIP Kuliah terlebih dahulu.

Informasi detail bisa dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

Dirjen Nizam berpesan pada semua murid SMA Sederajat buat dapat menentukan jurusan pada perguruan tinggi sesuai menggunakan potensi & minat yg diinginkan. Dengan begitu, ia optimistis, mahasiswa akan bisa menjalankan kegiatan perkuliahan menggunakan lebih bahagia dan mampu menentukan pilihan pekerjaan yg sesuai pada masa depan.

“Tahun 2021 tes perguruan tinggi berjalan dengan lancar tanpa dibarengi oleh insiden atau perkara yg berarti meskipun berada di tengah pandemi tetapi masih bisa dijalankan secara luring & tidak ada klaster baru atas hal tadi. Ke depannya gw sangat mengharapkan bahwa tes dapat dilakukan secara lancar, sukses & sanggup mengantarkan anak didik Indonesia untuk terdapat di perguruan tinggi berdasar pada minat & tujuannya masing-masing,” pungkasnya.  

Artikel ini merupakan bagian berdasarkan Parapuan

Parapuan adalah ruang ekspresi wanita buat mencapai mimpinya.

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

Leave a Reply

Your email address will not be published.